Rasulullah saw bersabda: "Barang siapa menempuh suatu jalam dalam rangka menuntut ilmu, niscaya Allah mudahkan baginya jalan menuju surga." (HR. Muslim).
Tuliskan Deskripsi Yang Akan Anda Tampilkan

Keistimewaan Bulan Romadhan

Allah swt telah menciptakan manusia dengan sebaik-baik bentuk kemudian memilih diantara mereka orang-orang yang beriman dan diantara yang beriman Allah pilih lagi orang-orang yang dijadikan sebagai para utusan-Nya (para nabi dan rasul) untuk menyampaikan risalah-Nya kepada manusia.
Allah swt menciptakan hari dan malam kemudian menjadikan hari Arafah sebagai hari terbaik dan menjadikan malam lailatul qadar sebagai malam terbaik. Allah pun menciptakan bulan dan menjadikan bulan romadhan adalah sebaik-baik bulan. Di dalamnya terkandung banyak kebaikan dan keistimewaan antara lain sebagai berikut:

1.      Diturunkannya permulaan Al-Qur’an pada bulan romadhan
Al-Qur’an adalah merupakan pedoman hidup manusia sekaligus landasan hukum Islam. Permulaan turunya adalah pada bulan romadhan, sebagaimana yang telah ditegaskan oleh Allah swt dalam al-Qur’an.
      Allah swt berfirman:
“Bulan romadhan adalah bulan yang padanya diturnkan (permulaan) al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia, dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dengan yang batil.)” (QS. Al-Baqaroh: 185)

Oleh karena itu, banyak dari para ulama yang menyebutkan bulan romadhan sebagai bulan al-Qur’an. Bahkan disebutkan bahwa imam Malik rh ketika bulan romadhan tiba, beliau meninggalkan majlis pelajaran haditsnya yang kemudian beliau mengkonsentrasikan dirinya untuk berinteraksi dengan al-Qur’an.

2.      Puasa di bulan romadhan adalah salah satu rukun Islam

Berpuasa adalah suatu kewajiban dan sekaligus salah satu rukun dari pada rukun Islam. Islam dibangun di atas lima rukun, jika salah satunya absen maka runtuhlah bangunan keislaman seorang hamba. Diantara rukun tersebut adalah berpuasa di bulan romadhan.

Allah swt berfirman:
“Hai orang-orang yang beriman telah diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana yang telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian, semoga kalian menjadi (orang-orang) bertaqwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

Rasulullah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:
“Islam dibangun di atas lima pondasi, bersaksi bahwa tiada Ilah yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, berpuasa dan menunaikan haji bagi yang mampu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3.      Dibukakan pintu surga dan dikunci pintu neraka serta dibelenggu para setan
Surga adalah salah satu orientasi seorang hamba dalam beramal sholeh. Dengan rahmat dan kasih sayang-Nya, Allah swt buka pintunya pada bulan romadhan dengan selebar-lebarnya. Adapun neraka yang senantiasa kita berlindung darinya, ternyata Allah pun tutup rapat-rapat pintunya dan setan yang suka membisiki manusia pun dibelenggu. Dan hal tersebut telah disabdakan oleh Rasulullah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dalam hadits yang shahih.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ :«إِذَا
جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ ، وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينَ »
Dari Abu Hurairah rd, Bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Apabila bulan Romadhan telah tiba, maka dibukalah pintu-pintu surga, dikunci pintu-pintu neraka dan dibelengku para setan-setan.” (HR. Muslim)

 4.      Didalamnya terdapat malam lailatul qadar

Ya, pada bulan romadhan terdapat malam lailatul qadar, malam kemuliaan, malam dimana amal shaoleh di malam tersebut lebih baik dari pada seribu bulan.
Allah swt berfirman:

“Sesungguhnya kami menurunkan nya (al-Qur’an) pada malam lailatul Qadar. Tahukah kamu malal lailatul qadar itu. Malam lailatul qadar lebih baik dari seribu bulan......” (QS. Al-Qadr: 1-3).

5.      Bulan romadhan adalah bulan ampunan

Rasulullah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam telah mendoakan kerugian atas orang yang keluar dari bulan romadhan sementara ia belum diampuni dosanya.
Rasulullah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Merugilah seseorang, ia bertemu dengan bulan romadhan kemudian bulan tersebut berakhir sementara ia belum diampuni dosanya.” (HR. At-Tirmidzi)
6.      Pahala amal shaleh dilipatgandakan

Diantaranya melaksanakan ibadah umroh di bulan romadhan pahalanya menyamai ibadah haji, bahkan seperti haji bersama Rasulullah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Sebagaimana Rasulullah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah memberi nasehat kepada seorang wanita, “Apabila bulan romadhan datang maka hendaklah engkau melaksanakan umroh, karena sesungguhnya melaksanakan umroh pada bulan tersebut (pahalanya) menyamai haji dengan ku.” (HR. Bukhari dan Muslim)

7.      Puasa romadhan adalah sebab mendapat ampunan dosa yang telah lalu

Berpuasa di bulan romadhan adalah salah satu sebab mendapatkan ampunan dari Allah swt, tetapi dengan dua syarat, pertama; berpuasa dengan meyakini kewajibannya dan kedua; mengharapkan pahala di sisi Allah swt.

Rasulullah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ  رضي الله عنه قَالَ، قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم :« مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ »

Dari Abu Hurairah rd berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:”Barang siapa puasa di bulan romadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala, niscaya diampuni baginya dosa yang telah lalu “(HR. Bukhari dan Muslim)

 Inilah diantara keutamaan bulan romadhan dan keistemewaan ibadah di dalamnya, semoga bisa menambah wawasan kita serta menjadi pemicu dan pemacu semangat kita dalam mengisi waktu-waktu di bulan romadhan.

Wallahu A’lam

 

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...